Saka Wira Kartika

 

IMG_20220212_192742

TNI AD dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat melalui kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) yang pada hakekatnya ialah penyiapan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya yang dibina secara dini untuk dibangun, dipelihara, dan ditingkatkan. Salah satu upaya yang dilakukan TNI AD dalam membantu pemerintah menyiapkan kekuatan pendukung secara dini adalah dengan cara membentuk Satuan Karya Saka Wira Kartika guna meningkatkan Pembinaan bagi generasi muda melalui Pembinaan Gerakan Pramuka.

Pembinaan generasi muda oleh TNI AD dalam wadah Pembinaan Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika yang dilaksanakan oleh Satkowil jajaran TNI AD diperuntukkan bagi Pramuka Penegak dan Pandega guna membantu pemerintah dalam menyiapkan generasi muda dalam memberikan pendidikan kesadaran bela negara secara dini dalam rangka mencegah pudarnya rasa cinta tanah air di kalangan generasi muda akibat dari semakin maraknya budaya asing dan pergeseran norma budaya bangsa yang mengarah pada perpecahan dan upaya penghilangan ke-Bhinneka Tunggal Ika-an dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu, kegiatan Pembinaan ini juga bertujuan memberikan keterampilan kepada generasi yang diwadahi dalam kelima Krida yaitu Krida Navigasi Darat, Krida Mountaineering, Krida Pioneering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana sebagai bekal nantinya dalam bekerja dan mengabdi kepada masyarakat

Korem 044/Gapo melaksanakan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika TA. 2022 di wilayah Korem 044/Gapo dengan tujuan membina dan membentuk generasi muda yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air dengan semangat bela negara.

Kegiatan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Korem 044/Gapo yang akan dilaksanakan setiap hari Sabtu/Minggu sepanjang tahun anggaran dilanjutkan kegiatan Perjusami.

 

Data personel yang tergabung dalam Saka Wira Kartika Korem 044/Gapo dapat dilihat di LINK INI